Sabtu, 05 Oktober 2019

Ingin Mengajukan Pinjaman Dana Tunai, Ketahui Hal-Hal Berikut


Kebutuhan pinjaman dana tunai yang semakin meningkat membuat banyak orang memilih untuk meminjam uang ke sebuah lembaga pinjaman dana tunai. Saat ini akses untuk meminjam uang sangat mudah, bukan hanya melalui perbankan, tapi juga sudah merambah kedunia online.

Tentu bukan tanpa alasan seseorang hingga akhirnya memutuskan untuk berhutang. Kebutuhan modal usaha merupakan salah satu alasan orang memilih untuk berhutang. Selama tujuan berhutang untuk hal yang produktif bukan untuk hal konsumtif itu sah-sah saja. Yang penting kamu harus yakinbisa mengembalikan hutang tersebut sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Sebelum kamu memutuskan untuk berhutang atau meminjam uang, ada baiknya kamu mencari informasi tentang layanan pinjaman yang ditawarkan.

Mencari Informasi

Kamu perlu mencari informasi kepada siapa kamu berhutang. Misalnya kamu akan berhutang pada sebuah lembaga pinjaman dana tunai. Pastikan dulu kredibilitas lembaga pinjaman tersebut. Dan kamu juga perlu mencari tahu program pinjaman apa saja yang mereka miliki dan cocok untuk kamu.

Bunga Pinjaman

Bunga kredit yang ditetapkan setiap bank atau lembaga pinjaman berbeda-beda. Kamu harus memastikan bahwa bunga yang ditetapkan tidak memberatkankamu sebagai calon debitur.

Bunga pinjaman terbagi dua, yaitu fixed rate yang artinya bank atau lembaga pinjaman dana tunai sudah menetapkan besaran bunga yang tetap, tidak berubah dari awal cicilan hingga lunas. Dan untuk variable rate artinya bunga yang ditetapkan bias berubah dalam jangka waktu tertentu.

Jangka Waktu Pinjaman atau Tenor

Berapa pinjaman yang kamu ajukan? Berapa lama tenor pembayaran yang kamu ambil? Yang pasti semakin lama jangka waktu pembayaran yang kamu pilih, semakin besar bunga yang dikenakan pihak bank atau lembaga pinjaman.

Oleh karena itu kamu perlu mempertimbangkan besaran pinjaman dan jangka waktu pembayaran sesuai dengankemampuan kamu. Jangan smapai kamu semakin terbebani dengan cicilan dari pinjaman yang kamu ajukan.

Proses Pencairan

Proses pencairan dana tunai pada setiap bank atau lembaga pinjaman berbeda. Yang pasti mereka harus memverifikasi data yang kamu berikan, lalu melakukan survey, hingga akhirnya dana pinjaman yang kamu ajukan bias cair jika disetujui perlu waktu yang tidak singkat. Jika prosedru yang lembaga tersebut bertele-tele, lebih baik kamu mencari bank atau lembaga lainuntuk melakukan pengajuan pinjaman dana tunai

Denda yang Dikenakan

Denda disini berlaku untuk kamy yang telat saat mebayar cicilan. Penting untuk kamu mengetahui perhitungan denda jika terjadi keterlambatan pembayaran. Jangan sampai perhitungan yang tidak jelas dan akhirnya memberatkan kamu saat membayar cicilan.

Sebagai debitur, kamu harus merasa nyaman saat meminjam uang di bank atau lembaga pinjaman dana. Kamu harus mengetahui secara jelas tentang lembaga tersebut, sehingga kamu merasa aman dan tidak ada yang mengganjal dihati.

0 komentar:

Posting Komentar