Kamis, 31 Oktober 2019

Kenali Perbedaan Jersey Futsal Sablon dan Printing


Jersey futsal printing dan sablon jelas merupakan jersey yang sama-sama digandrungi dari berbagai kalangan. Perbedaan jersey printing dan sablon sangat menonjol dari segi bentuk bahkan segi pengerjaan jersey. Bikin jersey futsal menggunakan sablon ataupun printing sama saja tergantung peminat.

Pembuatan jersey futsal dengan custom desain sendiri sekarang jauh lebih diminati karena dapat mengekspresikan keinginan individu maupun tim lebih memilih jersey printing maupun jersey sablon individu maupun tim.   Berikut ini ulasan jersey sablon dan printing beserta perbedaannya. 

1. Jersey Sablon 

Sablon manual mulai dikenal oleh banyak orang seiring lahirnya jersey KW di pasaran dimana terdapat nama dan nomor punggung pemain. Nameset ini terbuat dari sablon yang mempunyai sistem cutting untuk mengoperasikan melalui komputer dengan software khusus yang saling terhubung, sehingga menghasilkan bentuk desain yang telah dibuat sebelumnya. 

Jersey sablon memiliki kelebihan dan juga kekurangan, kelebihannya yaitu proses pengerjaan lebih cepat,  hasil halus dan juga rapi, warnanya pun cenderung lebih awet. Sedangkan kekurangannya yaitu tidak bisa membuat desain secara detail, perawatan yang jauh lebih rumit supaya sablon tidak mudah mengelupas. 

2. Sablon Printing 

Banyak sekali orang yang sudah mengetahui hasil dari pembuatan jersey printing, akan tetapi ada juga yang belum paham tentang bagaimana proses pembuatan jersey printing seperti apa. Sablon printing biasa disebut dengan proses transfer paper atau pemindahan warna menggunakan tinta dari kertas ke kain dengan menggunakan sebuah mesin printer.

Jenis tinta yang digunakan berbeda dengan mesin printer biasa,  proses printing ini dibuat dengan desain mirror atau terbalik, karena akan disublimasi pada kain sehingga nantinya kain akan menghasilkan bentuk yang tidak berbalik.

Kelebihan jersey printing ini yaitu bisa menghasilkan desain yang sangat rumit sekalipun, proses pewarnaan juga tidak menutup pori-pori kain, perawatan yang relatif mudah awet dan juga tahan lama.

Kekurangan jersey ini yang paling jelas yaitu harga yang jauh lebih mahal dari jersey sablon, proses yang cukup rumit  karena harus memotong kain sesuai dengan pola desain secara manual sehingga membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.

Tidak sedikit yang masih menggunakan jersey sablon dan printing, keduanya justru masih sama-sama memiliki peminat yang cukup banyak. Dengan beragam kriteria ada yang memilih jersey sablon karena tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan jersey sablon.

Jersey printing juga begitu ramai baru-baru ini, karena banyak yang memilih menunggu waktu lama asalkan desain yang unik dan beragam tetap tergambar dengan jelas dan detail. Diatas adalah beberapa jenis  jersey sablon dan jersey printing beserta kekurangan dan kelebihannya.

Anda bisa memilih kriteria sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Jika Anda ingin bikin jersey futsal baik untuk sendiri ataupun untuk tim maka segera buat desain terbaik Anda dan pilih metode yang dirasa paling tepat.

0 komentar:

Posting Komentar