Rabu, 04 Desember 2019

Satu Dari 5 Panca Indra, Yuk Simak Fakta Menarik Mata Manusia


Manusia memang memiliki 5 alat indra, yang menjadi anugerah dari Maha Pencipta. Dengan adanya panca indra ini, maka dapat membantu setiap kehidupan individu. Salah satu alat indra yang penting adalah mata, sebuah organ yang memberikan sebuah gambaran tentang dunia. Menjadi organ terpenting manusia, nyatanya mata memiliki begitu banyak fakta menarik yang mungkin belum orang tahu. Yuk, intip fakta menarik dari mata manusia berikut. 

Mengulik Fakta Menarik dari Mata

1. Mampu Memperbaiki Sendiri

Mata memang memiliki manfaat yang sangat tinggi, bagi hidup berkehidupan manusia. Untuk itu, pasti kita akan berusaha untuk menjaga mata kita. Namun tahu kah kamu, bahwa organ ini dapat memperbaiki sendiri ? Dilansir dari portal berita harapanrakyat.com, salah satu fakta unik dari mata manusia adalah kemampuannya untuk meregenerasi dirinya sendiri. 

Mata kita memiliki kemampuan, untuk menyaring debu serta memperbaiki kondisi mata ketika terjadi goresan. Tentu kita pernah merasakan debu, atau sesuatu masuk ke dalam mata kita bukan ?  umumnya untuk mengusir barang asing tersebut, mata akan mengeluarkan kelenjar atau yang biasa kita sebut dengan air mata. Meskipun dapat menyembuhkan diri sendiri, namun kita pun perlu menjaga kesehatan mata agar tidak terkena penyakit yang serius.

2. Memilliki Pigmen Mata

Panca indra yang satu ini, memang satu-satunya yang sering dilihat oleh masyarakat. Ketika kita memandang seseorang, terkadang kita akan melihat pada bola matanya. Pada bola mata tersebut, kita akan melihat warna yang dimiliki olehnya. Jika di Indonesia lebih identik dengan warna cokelat gelap, maka berbeda dengan orang barat yang memiliki warna biru hingga hijau. 

Warna – warni dari mata tersebut, dihasilkan oleh Pigmen Melanin. Banyak sedikitnya melanin yang dimiliki oleh seseorang, sangat berpengaruh dengan warna pada matanya. Orang yang berwana cokelat, menandakan bahwa mereka memiliki melanin yang tinggi. Sedangkan pada warna mata biru, menunjukkan tingkat melanin yang rendah. 

3.  Mata Bayi Memilliki Keterbatasan Warna

Pada bayi yang baru lahir, kebanyakan orang menganggap jika mata bayi masih tidak dapat melihat dengan benar. Pendapat yang paling banyak tersebar adalah, mata bayi baru bisa melihat hingga menginjak umur tertentu. Namun, dalam sisi pandang lain mengatakan bahwa mata bayi telah dapat melihat meskipun terbatas dalam beberapa warna saja. 

Keterbatasan warna yang dapat dilihat oleh panca indra penglihatan bayi, karena sel kerucut fotoreseptor masih sangat lemah. Fotoreseptor adalah sebuah sel yang bertugas untuk menerima rangsangan cahaya terang dan berwarna, untuk mata bayi sendiri sel ini masihlah lemah sehingga kurang mampu untuk menerima rangsangan cahaya berwarna. 

Mata bayi hanya dapat menerima warna dasar seperti hitam, putih, dan abu-abu. Meskipun hanya dapat melihat warna dasar, namun mata bayi dapat mengenali benar yang berwarna merah. Namun benda merah tersebut dapat terlihat, apabila berlatar belakang abu-abu. Bayi baru bisa mengenali warna merah dan hijau dengan benar, pada umur dua bulan. 

4. Tumbuh Seiring Usia

Kita tentu akan mengalami pertumbuhan, mulai bentuk tubuh hingga sel di dalam tubuh kita. Begitu pula dengan panca indra penglihatan ini, tentunya bola mata kita akan terus membesar sejaln dengan pertumbuhan usia kita. Ketika bayi lahir, umumnya ukuran bola mata sekitar 3.5 inci. Jika bola mata tersebut tidak tumbuh mengikuti pertumbuhan kita, sudah pasti ktia akan mengalami kesulitan untuk melihat. 

Dalam waktu dua bulan, mata bayi akan berkembang hingga berukuran 2/3 dari bola mata manusia dewasa. Tidak berhenti sampai situ saja, bola mata kita aka terus tumbuh mengikuti pertumbuhan diri. Bukan berarti ketika kita berusia 50 tahun, bola mata akan terus berkembang. Bola mata hanya akan tumbuh, mengikuti pertumbuhan tubuh kita sendiri. 

Mata memang menjadi salah satu organ yang paling dibutuhkan oleh manusia, menjadi organ penting tentu kita pun harus menjaganya dengan baik. Mata adalah salah satu anugerah dari  sang Pencipta, yang menyimpan begitu banyak fakta yang menarik. Peneliti pun takjub dengan kemampuan mata, yang mampu menyalurkan seluruh warna dengan baik ke dalam otak. Tidak hanya itu saja, mata pun dapat memperbaiki diri sendiri serta melindungi diri dari debu. 

0 komentar:

Posting Komentar